KUE DANGE,KUE LANGKAH DARI MAKASSAR

Masakan Khas Makassar
Kue Dange sekilas kue ini mirip dengan kue Pukis/Sagu rangi. Rasanya yang gurih, manis serta legit membuat pembeli merasakan ketagihan karena adanya kombinasi dari kelapa parut serta gula merah. Sayangnya kue Dange ini jarang sekali ditemui.
Bila pernah berkunjung ke kota Makassar, mungkin saja kue ini pernah kamu cicipi sebab kue Dange ini adalah salah satu jajanan yang berasal dari masyarakat bugis.
epintas kue ini mirip dengan kue pukis atau sagu rangi. Rasanya gurih, manis dan legit karena ada campuran kelapa parut dan juga gula merahnya. Sayangnya, kue legit enak ini sudah jarang sekali dijumpai. 

Jika Anda pernah berkunjung ke kota Makasar, mungkin kue tradisional ini pernah Anda cicipi. Kue Dange pulubollong ini merupakan salah satu jajanan tradisional khas masyarakat Bugis. Penjualnya banyak sekali dijumpai di ruas-ruas jalan di sepanjang bandara.

Kue Dange berbahan dasar tepung ketan hitam, parutan kelapa, gula merah, dan juga garam. Tepung ketan hitam, parutan kelapa dan juga garam dicampur hingga menjadi sebuah adonan. Adonan yang sudah dicampuir ini kemudian dikukus agar kue tahan lama sebelum akhirnya dimasukkan ke dalam cetakan dari tanah liat yang menyerupai cetakan kue pukis.

Saat dibakar, bagian tengah kue dange ini dibuat ceruk untuk diisi gula merah yang sudah digerus halus. Adonan yang sudah diisi kemudian dibakar hingga matang. Rasanya gurih-gurih manis karena campuran gula merah dan juga kelapa parut yang dicampurkan ke dalam adonan. Hmm.. sepintas mirip seperti sagu rangi juga!

Kue Dange Pulubollong ini terbilang cukup langka, dulu banyak dijumpai di sekitar Pangkajene. Tapi kini penjual kua dange ini sudah jarang sekali. Hmm.. jika Anda berkesempatan mampir ke kota Makasar, kue ini bisa jadi tujuan wisata kuliner Anda di sana jika beruntung menemukannya.

Komentar

Jajanan Tradisional Nusantara